button-twitter.png button-facebook.png

Praktik Kerja Lapangan dan Laporan Tugas Akhir

Pada akhir masa studi, mahasiswa Program DIII Akuntansi Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti diwajibkan menempuh mata kuliah Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Laporan Tugas Akhir yang memiliki total bobot 4 SKS. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman praktik dari dunia usaha dengan mendapatkan data nyata dan disusun dalam bentuk laporan sebagai hasilnya.
 
PKL merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam rangka pencapaian unsur dari capaian pembelajaran, yaitu sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Praktik Kerja Lapangan adalah bagian dari proses belajar mengajar untuk pengembangan sumber daya manusia yang dilaksanakan di perusahaan atau instansi, dimana peserta bekerja sebagai pegawai perusahaan guna mempraktikkan teori-teori yang diperoleh sebelumnya, memperoleh pengetahuan keterampilan dan sikap kerja di bawah pengarahan dari pimpinan perusahaan atau pejabat lain yang ditunjuk, serta mendapat bimbingan dari dosen pembimbing.

Tujuan PKL
  1. Untuk mencapai tujuan pendidikan Program Studi DIII Akuntansi Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti, yaitu menghasilkan ahli madya yang profesional di bidang Akuntansi dan Perpajakan, sehingga mampu mengisi kebutuhan masyarakat akan tenaga yang terampil, mandiri dan peka terhadap perkembangan ilmu dan teknologi.
  2. Memberikan pembekalan dan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempraktikkan teori-teori yang diperoleh sebelumnya, memperoleh pengetahuan keterampilan, dan sikap kerja dari tempat Praktik Kerja Lapangan sebelum memasuki dunia kerja.
  3. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk mandiri, mampu berkomunikasi, memiliki jejaring yang luas, peka terhadap lingkungan, serta mampu mengambil keputusan.
  4. Membina hubungan baik dengan pengguna jasa pendidikan dalam mendukung program link and match antara dunia pendidikan dengan dunia kerja.
 
Laporan tugas akhir yang dibuat oleh mahasiswa tidak terlepas dari kegiatan mahasiswa selama PKL serta kajian atas rumusan masalah yang diketahui pada saat melakukan PKL. Laporan tugas akhir yang dibuat mahasiswa DIII Akuntansi Perpajakan disesuaikan dengan output kurikulum KKNI Level 5, yaitu : memenuhi tingkat kemampuan kerja yaitu mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas, memilih berbagai metode serta memenuhi tingkat penguasaan pengetahuan yaitu mampu menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu secara umum. Mahasiswa dapat memilih salah satu dari 2 (dua) topik utama program studi yaitu akuntansi atau perpajakan. Agar laporan tugas akhir ini memiliki kontribusi dan berorientasi ke depan, maka materi yang dilaporkan disesuaikan dengan isu terkini dan berhubungan dengan kondisi perusahaan pada saat PKL
 
Penjabaran isi dari laporan tugas akhir adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
  2. Waktu mulai dan berakhirnya Praktek Kerja Lapangan
  3. Metode penyusunan laporan TA
  4. Perumusan Masalah
  5. Tujuan Laporan Tugas Akhir
  6. Sistematika Penulisan Laporan
 
BAB II KERANGKA TEORITIS
  1. Landasan Teori
Berisi tentang teori-teori serta peraturan yang terkait dengan topik laporan TA
  1. Rerangka Pemikiran
Memberikan gambaran mengenai rumusan masalah yang ada serta cara pemecahannya
 
BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Menjabarkan profil perusahaan, visi, misi dan tujuan perusahaan, jenis usaha perusahaan, serta struktur organisasi perusahaan
 
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
Membahas dan menguraikan hasil untuk menjawab rumusan masalah berdasarkan hasil pengamatan, interview dan wawancara dan mengaitkannya dengan teori yang dipelajari dan dibahas pada bab II.
 
BAB V SIMPULAN, KETERBATASAN DAN IMPLIKASI
  1. Simpulan
Menjabarkan secara ringkas hasil pembahasan pada bab IV
  1. Keterbatasan
Menjabarkan keterbatasan yang diperoleh disaat menyusun laporan tugas akhir
  1. Implikasi
Memberikan masukan dan saran kepada para pihak yang terkait dalam laporan TA
 

Unduh Buku Pedoman Tugas Akhir disini 

Penerimaan Mahasiswa Baru Trisakti